4 Cara Hemat Di Dapur

4 Cara Hemat Di Dapur

Menghemat pengeluaran keuangan seharusnya menjadi satu tujuan dalam menjalani hidup. Hidup hemat bagi sebagian orang terasa sangat menyiksa karena harus menahan banyak keinginan. Sekali waktu seseorang boleh untuk memenuhi keinginan tetapi dengan banyak pertimbangan agar keadaan keuangan tidak menjadi berantakan. Sekali melakukan tindakan yang memboroskan uang bisa mengakibatkan sepanjang hidupnya menderita. Dibawah ini ada beberapa tips cara hemat di dapur khususnya bagi para ibu rumah tangga.

Memilih Resep Masakan yang Tepat

Dapur tidak bisa lepas dari yang namanya masak memasak, berbagai menu masakan dari resep dapat membuat membangkitkan keceriaan dan kebahagiaan untuk seisi rumah. Namun mengingat setiap waktu ada kalanya dalam kondisi atau situasi tertentu beberapa bahan makanan harganya di pasaran melonjak tinggi seperti daging, telur, gula, minyak goreng, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu harus disikapi dengan cerdas dan bijaksana dalam memilih menu yang akan dibuat agar tetap bisa menikmati apapun masakannya.

Sebagai contoh saat ini daging sapi sudah terhitung mahal apalagi dengan dilarangnya impor daging sapi membuat harga-harga dipasar melonjak. Untuk mengantisipasi ketika anda ingin membuat masakan dengan bahan utama daging sapi harus dikombinasi dengan bahan-bahan lain hingga menghasilkan suatu menu masakan alternatif walaupun harus mengurangi porsi bahan utama. Tapi dalam hal ini kami dari PermataBank.net tidak akan mengupas secara detail mengenai resep hemat, namun yang paling penting adalah kreatifitas anda dalam bereksperimen dengan mencari berbagai informasi di buku, majalah, bahkan di internet mengenai resep masakan dengan pengeluaran belanja bahan irit tapi enak.

Menggunakan Bahan Bakar Gas Dengan Bijaksana

Memasak tidak lepas dari yang namanya kompor dan bahan bakar gas. Nah kadang-kadang saat menggunakan kompor gas secara sederhana yaitu ketika memasak air seringkali tidak pernah terkontrol. Anggap saja memasak air panas untuk minum rata-rata 30 menit, tetapi karen kesibukan atau lupa bisa menggunakannya hingga 1 jam bahkan lebih. Hal tersebut termasuk pemborosan penggunaan gas karena akan membuat durasi waktu pemakaian gas menjadi pendek. Satu perhitungan sederhana untuk rumah tangga kecil gas ukuran 3kg bisa dipergunakan hingga maksimal 1 minggu dengan pemakaian wajar. Tetapi jika anda memboroskan pada penggunaan yang tidak perlu bisa hanya bertahan 2-3 hari saja. Dari contoh kasus diatas yang memang sudah pernah diujicobakan terlihat dalam satu bulan yang seharusnya anda bisa isi ulang 4 kali menjadi boros 2 kali lipat dari biasanya.

Cerdas Memilih Peralatan Dapur

Lemari pendingin atau kulkas sebagaimana fungsinya untuk mendinginkan dan mengawetkan bahan makanan dan minuman juga perlu kontrol yang baik agar hemat listrik. Sekarang ini sudah bukan modelnya memilih bentuk lemari pendingin yang bagus, keren, futuristik, ataupun canggih. Satu hal yang penting ketika memilih menggunakan kulkas adalah perhatikan pemakaian daya yang dibutuhkan. Barang-barang elektronik membutuhkan daya yang bervariasi untuk pengoperasiannya, oleh sebab itu anda harus benar-benar jeli dalam memilik produk ini. Cari yang memang sesuai dengan kebutuhan seperti ukuran yang tidak terlalu besar jika ruangan dapur luasnya terbatas, konsumsi daya listrik yang rendah karena dipergunakan terus menerus dalam keadaan hidup, dan selebihnya tentang fasilitas lain masuk dalam kategori opsional.

Penggunaan peralatan dapur lainnya yang menggunakan listrik seperti penanak nasi, oven, kompor, dan lain sebagainya juga perlu diperhatikan. Seperti penggunaan pada lemari pendingin semua peralatan dapur yang menggunakan lsitrik yang harus diperhatikan adalah jumlah daya yang dipakai. Semakin rendah daya yang dibutuhkan maka asumsinya anda bisa berhemat. Selain itu juga penggunaan yang wajar dan terkontrol menjadi faktor lain membantu menekan pengeluaran terhadap pemakaian listrik.

Gunakan Air Sesuai Kebutuhan

Pemakaian air untuk mencuci perabotan dapur atau bahan makanan harus diperhatikan. Pergunakan air jika memang benar dibutuhkan dalam kapasitas wajar seperti jangan tinggalkan ketika anda mengisi panci atau ceret ketika akan memasak air karena seringkali karena lupa air bisa tumpah karena sudah terlalu penuh. Kelihatannya sepele, tetapi jika hal itu terjadi berulang-ulang dalam waktu yang lama maka anda akan merasakan pengeluaran untuk penggunaan air bisa melonjak tinggi.

4 hal yang perlu diperhatikan terutama bagi para ibu rumah tangga agar bisa berhemat terhadap pengeluaran untuk kebutuhan dapur. Mungkin ada yang tidak disebutkan namun itu lebih sifatnya tergantung dari kondisi masing-masing rumah. Kesimpulan dari topik kali ini adalah dengan mengantisipasi harga-harga bahan masakan dan gas yang mahal, tarif listrik naik, tarif air mahal, serta lainnya harus secara kreatif agar keuangan rumah tangga tidak seperti pipa ledeng bocor akibat aktifitas dapur yang boros.

4 Cara Hemat Di Dapur
Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *